Magazine

Furnitur Awet, Ada Cara Perawatannya loh!

Memiliki furnitur itu menyenangkan. Anda dapat membuat dekorasi semau anda untuk mempercantik rumah agar tetap  nyaman. Namun anda perlu merawat furnitur agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Merawat furnitur memerlukan setidaknya pengetahuan dasar soal jenis dan material yang digunakan.

Namun anda tidak perlu khawatir. Livien akan memberi tips cara perawatannya. Perawatan secara rutin dan berkala terhadap furnitur, selain akan menghemat sejumlah pegeluaran, usia furnitur yang kamu gunakan juga akan bisa bertahan lama dan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli yang baru. Berikut cara perawatannya :

  1. Furniture Dari Sofa

Duduk di atas sofa memang paling nyaman. Banyak jenis sofa yang dapat anda pilih dengan pertimbangan perawatan yang mudah. Sofa yang memiliki upholstery yang dilepas dari bantalanya, jika terlihat kusam dan kotor akan mudah anda cuci karena bahan pelapis yang dapat dilepas dan dipasang kembali.

Jika kotoran pada sofa berbahan kulit harus cepat-cepat dilenyapkan. Sebab, semakin lama didiamkan, maka kotoran semakin susah dibersihkan. Membersihkan sofa berbahan kulit dengan menggunkan kain lembut dan lembap, atau bisa menggunakan vacuum cleaner.

  1. Furniture Dari Kayu

Hal pertama untuk perawatan furnitur kayu yaitu peletakan posisi furnitur anda. Sebaiknya furnitur kayu diletakkan di tempat kering atau bersuhu normal. Peralatan yang digunakan untuk membersihkan furniture kayu bisa menggunakan alat-alat bahan yang ada di rumah, di antaranya dengan sikat gigi. Sikat gigi berbulu halus dapat digunakan untuk menjangkau bagian-bagian sudut kayu dari noda  Kedua, sisa teh. Teh dapat digunakan untuk melapisi kayu dan membuat warna kilau yang maksimal pada permukaannya.

  1. Furniture Dari Plastik

Tidak kalah cantik dengan furnitur lainnya. Furnitur dari plastik selalu menarik perhatian karena bentuk dan warnanya beraneka ragam. Namun,   berbahan plastik mudah pecah dan memudar warnanya.

Oleh karena itu, agar penampilannya tetap terjaga, anda bisa membilas kursi plastik dengan air untuk merontokkan debu. Jika menggunakan bubuk soda atau detergen, campurkan sedikit air agar menjadi pasta. Sikat dan bilas hingga bersih. Tentunya jangan lupa untuk mengeringkan dengan sempurna untuk menghindari jamuran.

  1. Furniture Dari Besi

Furnitur berbahan besi memang terkenal kuat dan awet. Tetapi meskipun besi sangat kuat dan tahan lama bukan berarti tidak akan rusak. Masalah utama pada material besi adalah karat. Karat akan mudah menempel pada besi jika tidak melakukan penanganan yang baik.

Mengecet furnitur berbahan besi adalah salah satu cara ampuh untuk menghindari karat pada besi. Namun, sebelum mengecet cara yang sangat penting dilakukan adalah membersihkan besi dengan sikat kawat (amplas), kemudian melapisi dengan anti karat.

  1. Furniture Dari Rotan

Furnitur dari rotan identik dengan anyaman. Celah-celah anyaman merupakan spot yang sempurna untuk debu bersarang. Kamu bisa membersihkan celah tersebut menggunakan kemoceng atau vacuum cleaner secara rutin. Periksa juga bagian anyaman karena rawan terkelupas dan merusak estetika. Agar lebih aman jauhkan dari benda-benda tajam.

Inilah beberapa cara merawat furnitur yang bisa teman-teman Livieners coba dirumah. Tentu melakukannya dengan senang hati ya agar menghasilkan dengan maksimal dan membuat tampilan menjadi cantik. Kira kira gimana menurut kalian Livieners cukup mudah kan? Untuk Livieners yang punya cara lain bisa tulis dikolom komentar ya!

Back to list

2 thoughts on “Furnitur Awet, Ada Cara Perawatannya loh!

  1. yayaria says:

    Rada susah min kalau punya furnitur rotan, celah-celahnya itu lo hehe
    aku lbih suka furnitur sofa. makasih min tipnya 👍

    1. irsada says:

      tapi furnitur rotan keren mbak

Leave a Reply